Image
  Studi Kasus Program Struktur Data Array #include<stdio.h> #include<conio.h> int main(){             typedef int matriks4x2[4][2]; matriks4x2 A,B,C ; int x, y; clrscr(); printf("\n mengisikan elemen matriks A : \n"); for(x=0;x<4;x++){ for(y=0;y<2;y++){ printf("A [%d][%d] = ",x, y); scanf("%d",&A[x][y]); } } printf("\n mengisikan elemen matriks B : \n"); for(x=0;x<4;x++){ for(y=0;y<2;y++){ printf("B [%d][%d] = ",x, y); scanf("%d",&B[x][y]); } } for(x=0;x<4;x++){ for(y=0;y<2;y++){ C[x][y]=A[x][y]+B[x][y]; } } printf("\n hasil penjumlahan matriks A dan B \n "); for(x=0;x<4;x++){ for(y=0;y<2;y++){             printf("C [%d][%d]= %d\n",x, y, C[x][y]); }           } getch(); return 0; }

 Membuat Sistem Pembayaran Sederhana  Jframe Menggunakan NetBeans





Contoh deskripsi kasus :

salah satu toko bangunan di wilayah  tangerang selatan sedang merayakan hari jadinya dalam masa perayaannya TB. MAJU JAYA memberikan "SOUVENIRS" jika pembelian melebihi 300.000
dan apabila pembelian kurang dari 300.000 maka "TIDAK DAPAT SOUVENIRS". 

langsung saja pada topik langkah-langkah dalam membuat aplikasi pembayaran, langkah pertama 
yang harus di lakukan adalah :


 masuk ke NetBeans terlebih dahulu, lalu klik file -> new project



setelah itu klik New Java Application -> tulis judul -> klik Finish
(disini saya akan mengisi kolom Project Name menjadi Tugas_UAS)


selanjutnya klik kanan pada default package project yang saya beri nama Tugas_UAS  dan pilih
new - jframe form seperti pada gambar dibawah ini.



lalu buat desain sistem pembayaran dengan menggunakan Tools Pallete, cari tools mana yang akan anda pakai. disini saya menggunakan Tools Pallete Swing Controls



Kemudian buat design dengan menggunakan lable, text field dan button, kurang lebih seperti gambar dibawah ini



Setelah kita menyelesaikan design form seperti gambar diatas lakukan Edit Text pada Label
dan Change Variable Name pada Text Field dengan menserasikannya agar bisa dengan mudah
dalam proses peng Codingan, Seperti contoh gambar di bawah ini yang telah saya rubah.


jLabel1 [JLabel] = TB. MAJU JAYA
jLabel2 [JLabel] = CODE BARANG
jLabel3 [JLabel] = HARGA BARANG
jLabel4 [JLabel] = JUMLAH BARANG
btnKalkulasi [JButton] = KALKULASI
jLabel5 [JLabel] = PEMBAYARAN + PPN 10%
jLabel6 [JLabel] = KETERANGAN
jLabel7 [JLabel] =NB. Barang yang sudah di beli tidak bisa di kembalikan.


sampailah proses dimana yang saya sukai ialah mulai memasukan koding
klik kanan pada  Form KALKULASI -> Event -> Action -> actioPerformed [btnKalkulasiActionPerformed]



setelah proses diatas anda ikuti secara otomatis anda akan di alihkan pada halaman Source.
halaman ini yang nantinya akan kita masukan SOURCE CODE yang berfungsi untuk
menjalankan proses pembayaran sederhana.

anda bisa memasukkan SOURCE CODE dibawah kata :
private void btnKalkulasiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {        
  // TODO add your handling code here:
        int Code,Harga,Jumlah,Bayar,PPN;
        Code=Integer.parseInt(txtCode.getText());
        Harga=Integer.parseInt(txtHarga.getText());
        Jumlah=Integer.parseInt(txtJumlah.getText());
        PPN=(Jumlah*Harga)*10/100;
        Bayar=Jumlah*Harga+PPN;
       
        txtBayar.setText(""+Bayar);
            if(Bayar > 300000)txtKeterangan.setText("DAPAT SOUVENIRS");
            else txtKeterangan.setText("TIDAK DAPAT SOUVENIRS");




 jika semua Source Code telah di masukkan seperi gambar di atas, jalankan sistem dengan cara tekan Shift+F6 bersamaan.

Contoh hasil Runing :



Contoh hasil dengan PPN 10% :


Contoh jika tidak mendapatkan Souvenirs :





selesailah program jframe pada NetBeans dalam contoh kasus pembayaran sederhana
semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita tentunya.
tetap semangat dan terus mencoba hal positif.



























































































































































































































































Comments

Popular posts from this blog