Studi Kasus Program Struktur Data Array #include<stdio.h> #include<conio.h> int main(){ typedef int matriks4x2[4][2]; matriks4x2 A,B,C ; int x, y; clrscr(); printf("\n mengisikan elemen matriks A : \n"); for(x=0;x<4;x++){ for(y=0;y<2;y++){ printf("A [%d][%d] = ",x, y); scanf("%d",&A[x][y]); } } printf("\n mengisikan elemen matriks B : \n"); for(x=0;x<4;x++){ for(y=0;y<2;y++){ printf("B [%d][%d] = ",x, y); scanf("%d",&B[x][y]); } } for(x=0;x<4;x++){ for(y=0;y<2;y++){ C[x][y]=A[x][y]+B[x][y]; } } printf("\n hasil penjumlahan matriks A dan B \n "); for(x=0;x<4;x++){ for(y=0;y<2;y++){ printf("C [%d][%d]= %d\n",x, y, C[x][y]); } } getch(); return 0; }
- Get link
- Other Apps
Membuat Sistem Pembayaran Sederhana Jframe Menggunakan NetBeans
Contoh deskripsi kasus :
salah satu toko bangunan di wilayah tangerang selatan sedang merayakan hari jadinya dalam masa perayaannya TB. MAJU JAYA memberikan "SOUVENIRS" jika pembelian melebihi 300.000
dan apabila pembelian kurang dari 300.000 maka "TIDAK DAPAT SOUVENIRS".
langsung saja pada topik langkah-langkah dalam membuat aplikasi pembayaran, langkah pertama
yang harus di lakukan adalah :
masuk ke NetBeans terlebih dahulu, lalu klik file -> new project
setelah itu klik New Java Application -> tulis judul -> klik Finish
(disini saya akan mengisi kolom Project Name menjadi Tugas_UAS)
(disini saya akan mengisi kolom Project Name menjadi Tugas_UAS)
selanjutnya klik kanan pada default package project yang saya beri nama Tugas_UAS dan pilih
new - jframe form seperti pada gambar dibawah ini.
lalu buat desain sistem pembayaran dengan menggunakan Tools Pallete, cari tools mana yang akan anda pakai. disini saya menggunakan Tools Pallete Swing Controls
new - jframe form seperti pada gambar dibawah ini.
lalu buat desain sistem pembayaran dengan menggunakan Tools Pallete, cari tools mana yang akan anda pakai. disini saya menggunakan Tools Pallete Swing Controls
Kemudian buat design dengan menggunakan lable, text field dan button, kurang lebih seperti gambar dibawah ini
Setelah kita menyelesaikan design form seperti gambar diatas lakukan Edit Text pada Label
dan Change Variable Name pada Text Field dengan menserasikannya agar bisa dengan mudah
dalam proses peng Codingan, Seperti contoh gambar di bawah ini yang telah saya rubah.
jLabel1 [JLabel] = TB. MAJU JAYA
jLabel2 [JLabel] = CODE BARANG
jLabel3 [JLabel] = HARGA BARANG
jLabel4 [JLabel] = JUMLAH BARANG
btnKalkulasi [JButton] = KALKULASI
jLabel5 [JLabel] = PEMBAYARAN + PPN 10%
jLabel6 [JLabel] = KETERANGAN
jLabel7 [JLabel] =NB. Barang yang sudah di beli tidak bisa di kembalikan.
sampailah proses dimana yang saya sukai ialah mulai memasukan koding
klik kanan pada Form KALKULASI -> Event -> Action -> actioPerformed [btnKalkulasiActionPerformed]
setelah proses diatas anda ikuti secara otomatis anda akan di alihkan pada halaman Source.
halaman ini yang nantinya akan kita masukan SOURCE CODE yang berfungsi untuk
menjalankan proses pembayaran sederhana.
anda bisa memasukkan SOURCE CODE dibawah kata :
private void btnKalkulasiActionPerformed(java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
int Code,Harga,Jumlah,Bayar,PPN;
Code=Integer.parseInt(txtCode.getText());
Harga=Integer.parseInt(txtHarga.getText());
Jumlah=Integer.parseInt(txtJumlah.getText());
PPN=(Jumlah*Harga)*10/100;
Bayar=Jumlah*Harga+PPN;
txtBayar.setText(""+Bayar);
if(Bayar > 300000)txtKeterangan.setText("DAPAT SOUVENIRS");
else txtKeterangan.setText("TIDAK DAPAT SOUVENIRS");
jika semua Source Code telah di masukkan seperi gambar di atas, jalankan sistem dengan cara tekan Shift+F6 bersamaan.
Contoh hasil Runing :
Contoh hasil dengan PPN 10% :
Contoh jika tidak mendapatkan Souvenirs :
selesailah program jframe pada NetBeans dalam contoh kasus pembayaran sederhana
semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita tentunya.
tetap semangat dan terus mencoba hal positif.
- Get link
- Other Apps
Popular posts from this blog
Program Membuat Perhitungan Luas Segi Empat Menggunakan Jframe di NetBeans. Disini penulis akan membuat tutorial program perhitungan luas segi empat menggunakan Jframe diNetBeans. Lakukan tiga langkah awal yang kita mulai dari : 1.masuk ke NetBeans terlebih dahulu, lalu klik file -> new project 2.klik New Java Application -> tulis judul -> klik Finish 3.klik kanan pada default package project dan pilihnew - jframe form setelah tiga langkah yang sudah kita lalui diatas buat desain sistem pembayaran dengan menggunakan Tools Pallete, cari tools mana yang akan anda pakai. disini saya menggunakan Tools Pallete Swing Controls. Kemudian buat design dengan menggunakan lable, text field dan button, kurang lebih seperti gambar dibawah ini. Setelah kita menyelesaikan design form seperti gambar diatas lakukan Edit Text pada Label dan Change Variable Name pada Text Field dengan menserasikannya agar bisa dengan mudah dalam proses peng Codingan, Seperti
Stack s ecara sederhana diartikan sebagai tumpukan dari benda , sekumpulan data yang seolah-olah diletakkan di atas data yang lain, koleksi dari objek-objek homogen ,atau suatu urutan elemen yang elemennya dapat diambil dan ditambah hanya pada posisi akhir (top) saja. Queue atau antrian adalah sekumpulan data yang mana penambahan elemen hanya bisa dilakukan pada suatu ujung disebut dengan sisi belakang(rear), dan penghapusan(pengambilan elemen) dilakukan lewat ujung lain (disebut dengan sisi depan atau front). Pada tumpukan menggunakan prinsip“Masuk terakhir keluar pertama”atau LIFO (Last In First Out), Maka pada antrian prinsip yang digunakan adalah “Masuk Pertama Keluar Pertama” atau FIFO (First In First Out). Tree adalah kumpulan node yang saling terhubung satu sama lain dalam suatu kesatuan yang membentuk layakya struktur sebuah pohon. Struktur pohon adalah suatu cara merepresentasikan suatu struktur hirarki (one-to-many) secara grafis yang mirip sebuah pohon, wala
Pembuatan Program Dengan Fungsi "If" Di NetBeans 1. DESKRIPSI 1.1 Pada program ini berfungsi untuk menentukan pembayaran yang akan dilakukan 1.2 Dengan ketentuan sebagai berikut 1.2.1 Pencucian lebih dari 3 kali maka GRATIS 1.2.2 Pencucian kurang dari 3 maka BAYAR 2. FLOWCHART 3. SOURCE CODE public class Studikasus { /** * @param args the command line arguments */ public static void main(String[] args) { // TODO code application logic hereinyi int jc; String hasil; jc=5; if (jc>=3) hasil="gratis pcuci"; else hasil="bayar"; System.out.println(""+hasil); 4. PENAMPILAN DI NETBEANS
Comments
Post a Comment